Indonesian Night, Discover Indonesia, Oklahoma State University, Amerika Serikat. (Foto : Istimewa).
AKTIFLAB.com -- Lagu Indonesia Raya dan bendera merah putih berkibar dalam acara 'Indonesian Night, Discover Indonesia' yang digelar oleh sejumlah mahasiswa Indonesia di Oklahoma State University di kota Stillwater negara bagian Oklahoma, Amerika Serikat.

Dalam siaran pers Konjen RI di Houston, acara 'Indonesian Night, Discover Indonesia' ini digelar pada Sabtu (9/3/2013) di kampus OSU. Didukung oleh Konsulat Jenderal RI di Houston yang wilayah kerjanya meliputi negara bagian Oklahoma, acara ini sukses dengan partisipasi lebih dari 400 orang, diantaranya pimpinan dan dosen universitas, mahasiswa, masyarakat setempat dan masyarakat Indonesia yang datang dari berbagai kota terdekat, antara lain Oklahoma City dan Tulsa.

Konsul Jenderal RI di Houston Al Busyra Basnur dalam sambutannya menyampaikan terima kasih serta apresiasi kepada pimpinan OSU yang memberikan perhatian dan dukungan penuh terhadap acara tersebut.

"Mahasiswa Indonesia di AS, khususnya di OSU tidak hanya belajar guna meningkatkan kualitas diri untuk persiapan bekerja dan berkarir, tapi juga menjadi kekuatan yang sangat besar dalam meningkatkan hubungan Indonesia dan AS pada saat ini dan ke depan," kata Al Busyra.

Mahasiswa Indonesia di AS, seperti di OSU, menurut Al Busyra juga proaktif dan tampil sebagai garda terdepan mempromosikan Indonesia. "Mereka adalah duta muda Indonesia yang melakukan diplomasi dan promosi seni budaya Indonesia di kampus-kampus AS," jelasnya Al Busyra Basnur.

Sementara itu Ketua Permias (Persatuan / Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat) Timothy Pasaribu menyatakan rasa senangnya dapat membantu mempromosikan Indonesia di kampus-kampus Amerika.

"Kami harus mempromosikan Indonesia di AS sebaik mungkin sesuai dengan kemampuan kami, khususnya di kampus kami Oklahoma State University," kata Timothy.

Pimpinan OSU yang hadir antara lain Dr. David Henneberry (Vice President), Tim Huff (Manager International Students) dan Salim Hiziroglu, Ph.D (Penasehat Indonesian Overseas Students Association).

Dr. David Hennebery mengatakan bahwa Indonesian Night yang diselenggarakan mahasiswa Indonesia tersebut merupakan yang terbesar dibandingkan dengan berbagai kegiatan mahasiswa asing lainnya yang belajar di OSU.

"Mahasiswa Indonesia sangat aktif, mereka tidak hanya berprestasi dalam belajar, tapi juga menonjol dalam kegiatan ekstrakurikuler. Saya sangat menghargai mereka," imbuh David.

Saat ini terdapat 32 orang mahasiswa Indonesia yang belajar di OSU di berbagai disiplin ilmu, baik pada tingkat sarjana, master dan doktor.

Pada acara tersebut ditampilkan beberapa tarian tradisional Indonesia, fashion show pakaian tradisional dari berbagai daerah Indonesia, musik angklung, penayangan film, presentasi dan promosi masakan khas Indonesia.

Sumber : Detik

Editor : Idham Azka