Abdul Latief. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Sejak berada di Sekolah Dasar Abdul Latief, yang merupakan mahasiswa jurusan Nautica di Akademi Maritim Djadajat, sudah menyukai olahraga bola basket. Kecintaannya pada dunia basket dan keinginannya berkeliling dunia diwujudkannya dengan menjalani dua pilihan yang berbeda.

Sejak SMP Latief sudah meraih prestasi di dunia bola basket sampai pernah ditawari bergabung oleh salah satu club basket di Jakarta. Sedangkan untuk mimpinya berkeliling dunia, Latief memilih jurusan Nautica agar bisa menjadi kapten kapal pesiar kelak.

Latief dan club basketnya sudah pernah meraih juara I dalam kejuaraan antar club saat ia SMA. Di kejuaraan antar club selanjutnya, Latief dan teman-temannya mendapatkan juara III.

Untuk kecintaannya pada dunia basket pun Latief latihan setiap hari untuk meningkatkan kecepatan, kemampuan, lompatan, dan respon otaknya. “Yang dilakuin untuk bisa juara yaitu semangat juang yang tinggi. Yang gue lakuin, intinya, jangan pernah menyerah sebelum bermain,” ungkapnya.

Karena latihan berat membutuhkan stamina yang baik, Latief harus memiliki disiplin tinggi dalam menjaga pola hidup sehat. Sampai rumah pun ia masih terus mengasah kemampuannya dengan lompat tali plus bending, sit-up, push-up, back-up, dan angkat beban. “Karena menurut saya, kalo mau menjadi hebat, banyak latihan yang harus dilewati,” tambahnya.

Saat menempuh pendidikan di tingkat yang lebih tinggi pun Latief mengikuti seleksi masuk campus basketball league di salah satu universitas. Ia berharap bisa masuk NBL (National Basketball League) nantinya. Di sela-sela latihan berat dan usahanya untuk masuk NBL, Latief masih serius mempersiapkan dirinya untuk ujian proyek laut di akademinya.

Reporter : Mochamad Ridwan
Editor : Ratna Saraswati