Anggota NTL Project. (Foto : Mochamad Ridwan)
“Give a man a fish and you feed him for a day. Teach a man to fish and you feed him for a lifetime.”

Kutipan di atas adalah sebuah pepatah lama yang digunakan New Type Level Project (NTL) sebagai kalimat penyambut di website-nya. NTL sendiri adalah sebuah wadah belajar dan berbagi dari dan untuk berbagai bidang. Untuk lebih jelasnya, Tim Aktiflab menemui Kemal Rizki, salah satu pendiri NTL Project ini.

Kemal menjelaskan bahwa NTL Project adalah sebuah tempat di mana setiap orang dari berbagai profesi maupun hobi bisa berbagi tentang apapun yang diketahuinya, bahkan tentang informasi pekerjaan maupun kegiatan.

“Dulu awalnya kebutuhannya lebih ke fotografi sebenernya. Jadi memang kita kan butuh model, kadang butuh fotografer, atau untuk.. apa ya.. bertukar pikiran gitu ya. Asal muasalnya dari situ,” jelasnya.

Kemal dan Rifqi, yang juga pendiri NTL Project, merasa perlu membentuk wadah ini untuk mengajak para fotografer dan model saling bertukar project sekaligus membagi ilmu kepada orang lain yang ingin mengetahui dunia fotografi dan modeling.

Sampai sekarang NTL Project sudah memiliki divisi lain seperti musik, entertainment, models and artists management, makeup artist, wardrobe, usher/SPG (Sales Promotion Girls), standup comedy, free diving, dan beberapa divisi lain.

Dari keseluruhan divisi itu, Kemal menjelaskan, para anggota NTL tidak dikelompokkan berdasarkan usia. Menurut Rifqi dan Kemal, jam terbang seseorang lebih punya nilai dibandingkan usia seseorang. “Siapapun anak NTL ini bisa memberikan kontribusi untuk sharing. Jadi tidak ada senioritas,” tambahnya.

Sesuai pepatah yang tercantum di website-nya, NTL Project akan berusaha menjadi wadah bagi siapapun untuk membagi ilmu dan pengalamannya.
“Jadi saling menginspirasi, lah,” tutup Kemal.