FOTO: ISTIMEWA

SEMARANG, AKTIFLAB.com -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) membuka pendaftaran bagi para pemuda untuk menjadi calon Taruna Akademi militer yang akan dilantik menjadi Perwira TNI AD Berpangkat Letnan Dua melalui pendidikan Akademi Militer.

Berdasarkan release Pendam Jaya/Jayakarta, Program pendidikan Taruna Akademi Militer merupakan salah satu kegiatan pembangunan kekuatan personel guna memenuhi kebutuhan perwira yang disiapkan untuk mengawaki organisasi TNI AD yang bertugas mulia untuk Bumi Pertiwi tercinta ini.
Berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor Perpang/34/VII/2009 tanggal 13 juli 2009 tentang petunjuk teknis penerimaan calon Perwira TNI, Surat Telegram Kasad Nomor ST/172/l/2013 tanggal 30 Januari 2013 tentang petunjuk tentang penerimaan calon Taruna/Taruni Akmil TA 2013. Seiring dengan perkembangan Teknologi, Maka pendaftaran dilakukan secara online melalui website www.rekrutmen-tni.ilmci.com dimulai dari tanggal 4 Februari Hingga 28 Maret 2013.
Persyaratan umum, Usia Calon Taruna minimal 17 tahun9 Bulan dan maksimal 22 tahun pada saat dibuka pendidikan tanggal 1 Agustus 2013. Tinggi badan minimal 165 cm dengan berat badan seimbang. Berkelakuan baik serta tidak kehilangan hak untuk menjadi Prajurit TNI yang dinyatakan dengan surat keterangan yang berlaku dari Polres setempat, Tidak ditato/tindik atau bekas tato/tindik.
Lulus SMA/Madrasah Aliyah jurusan/program IPA dengan ketentuan Dannem/UAN bagi yang lulus tahun 2009 sampai 2010 rata-rata minimal 6,5 (dari 10 mata pelajaran). Bagi lulusan tahun 2011 nilai UAN rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada nilai dibawah 6 (Gabungan nilai ujian nasional dan ujian sekolah), Bagi calon yang menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 ( Satu ) dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 8 dan tidak ada nilai dibawah 7 (Gabungan nilai ujian nasional dan ujian sekolah).
Bagi lulusan tahun 2012 nilai UAN rata-rata tidak kurang dari 7,25 dan tidak ada nilai dibawah 6 (Gabungan nilai ujian nasional dan ujian sekolah), Bagi calon yang menggunakan kacamata/lensa kontak dengan ukuran maksimal 1 ( Satu ) dioptri, nilai rata-rata tidak kurang dari 8,25 dan tidak ada nilai dibawah 7. Bagi lulusan 2013 akan ditentukan kemudian.
Setelah mendaftar melalui website www.rekrutmen-tni.ilmci.com maka calon taruna wajib mendaftar ulang di Makodam Jaya/Jayakarta Jl. Mayjen Sutoyo No. 5 Cililitan Jakarta Timur dengan membawa Persyaratan Administrasi terdiri KTP dan KK orang tua (foto copy), KTP dan KK Jabodetabek dari calon (asli dan foto copy), Akte/kenal lahir (asli dan foto copy). Ijazah/STTB SD, SMP dan SMA/MA (asli dan foto copy).
Bagi siswa yang masih kelas III SMA/MA agar melampirkan foto copy raport kelas I sampai III dan surat keterangan dari Kepala Sekolah bahwa calon adalah siswa kelas III dan terdaftar sebagai peserta Ebtanas. Danem/UAN SMA/MA ( asli dan foto copy), Surat Keterangan catatan Kepolisian dari Polres (asli dan foto copy). Pas foto 4 X 6 cm (BW) 2 lembar, map warna kuning 2 buah.
Materi seleksi yang akan dilaksanakan adalah seleksi administrasi, seleksi kesehatan, seleksi kesemaptaan jasmani, seleksi wawancara dan seleksi psikologi. Bagi calon yang berhasil/lulus dalam seleksi Panitia Daerah akan di kirimkan untuk mengikuti seleksi tingkat pusat. Dalam proses pendaftaran dan seleksi tidak dipungut biaya dan tidak ada KKN, bila ketahuan melakukan KKN maka calon dinyatakan tidak lulus dan akan diadakan proses sesuai hukum yang berlaku.

Sumber : Suara Merdeka

Editor : Azka