LOGO IKIP PGRI. (Foto : Istimewa).
SEMARANG, AKTIFLAB.com -- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof Mohammad Nuh menyatakan pihaknya akan segera memproses izin IKIP PGRI Semarang menjadi Universitas Pendidikan PGRI.

Nuh dalam kunjungannya ke IKIP PGRI untuk Sosialisasi Kurikulum 2013 kepada para guru dan meresmikan Gedung Pascasarjana serta peletakan batu pertama Balairung, Sabtu (23/2) mengatakan, tidak ada alasan lagi untuk tidak berubah menuju ke arah yang lebih baik.

”Karena itu, tidak ada alasan untuk tidak dikonversi dari institut menjadi universitas. Karena yang terpenting, semua persyaratan untuk mendukung sudah ada,” ungkapnya.

Namun, jika sudah menjadi universitas, peruntukannya bukan lagi bagi kalangan PGRI atau Jawa Tengah saja, tetapi untuk seluruh anak Bangsa Indonesia.
”Kalau semua persyaratan cepat dipenuhi oleh IKIP PGRI, Insya Allah tahun akademik baru 2013/2014 sudah layak menjadi universitas,” kata Nuh.

Beri Jaminan

Dalam proses izin menjadi universitas tersebut Pengurus Besar PGRI siap memberikan jaminan kepada Kemdikbud bahwa IKIP PGRI sudah memiliki persiapan yang matang untuk bertransformasi.
”PGRI ikut menjamin IKIP PGRI Semarang menjadi universitas. Bukan karena saya pernah menjadi rektor di sini selama dua periode, namun dari kesiapan saya kira sudah matang,” ungkap Ketua PB PGRI Dr Sulistyo MPd yang hadir dalam acara tersebut.

Rektor IKIP PGRI Semarang Dr Muhdi mengatakan, untuk proses transformasi pihaknya sudah menyiapkan seluruh fasilitas maupun sarana-prasarana hingga program studi baru.
Selain itu, IKIP PGRI juga telah menggandeng Akademi Teknologi Semarang (ATS) untuk bergabung dalam satu yayasan. 

”Diharapkan dengan penggabungan ATS akan lebih mempercepat proses perubahan menjadi universitas. Jika sudah menjadi universitas, selain menyelenggarakan pendidikan akademik dan profesi, juga akan menyelenggarakan pendidikan vokasi,” tandasnya.
Sumber : Suara Merdeka
Editor : Azka