Universitas Negeri Jakarta. (Foto : Istimewa)


JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Sebanyak 5.200 bangku disediakan oleh Universitas Negeri Jakarta (UNJ) untuk pendaftaran tahun ajaran 2013-2014. Pihak kampus membagi tiga jenis jalur ujian masuk untuk memenuhi kuota bangku tersebut.

Bagi calon mahasiswa baru program S1, UNJ menyediakan 2600 bangku dari jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dilakukan tanpa tes tertulis dan keterampilan. Sedangkan untuk yang masuk melalui jalur Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN) juga terdapat 2600 bangku. Dan sisanya untuk program D3 dapat melalui jalur ujian mandiri (SM UNJ).

Prof Dr Zainal Rafli MPd didampingin Kepala Humas UNJ, Widya Parimita, SE, MPA mengemukakan hal tersebut kepada pers pada Kamis (6/2/2013) seperti dilansir Antaranews.com

Prof Zainal Rafli mengungkapkan bahwa seluruh siswa SMA,SMK,MA,MAK dapat mengikuti ujian SNMPTN secara gratis karena memang sudah dibiayai oleh pemerintah. Para siswa bisa mendaftarkan dirinya melalui sekolah masing-masing secara online dengan mengirimkan persyaratan lampiran nilai rapor mulai dari semester 1 sampai 5.

Waktu pendaftarannya pun juga sudah mulai dibuka dari 17 Desember 2012-8 februari 2013. Sampai 31 Januari 2013, laporan yang telah diterima dari pendaftaran di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) yaitu dari 1.142 sekolah menengah di DKI baru 456 sekolah yang sudah mendaftar. Dan baru 352 sekolah yang telah mengisi nilai siswanya.

Penulis: Rahayu Aditya

Editor: Eugene Sakti