FOTO: ISTIMEWA

JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Setelah menyelesaikan seleksi di lima wilayah konferensi, Liga Basket Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Lima Mahasiswa (LIMA) mulai memasuki babak grand final yang akan mulai dipertandingkan pada 18-24 Februari di Gelanggang Olahraga (GOR) Remaja, Pulogadung, Jakarta Timur . Sebanyak 21 tim yang terdiri dari 12 tim putra dan 9 tim putri akan bertanding untuk memperebutkan piala Menteri Pendidikan Nasional sekaligus hadiah uang tunai yang berjumlah Rp30 juta bagi juara pertama turnamen antaruniversitas tersebut.

"Kami juga berikan subsidi yang berbeda-beda jumlahnya bagi tim juara di tiap konferensi untuk bertanding di Jakarta, itu nanti untuk biaya konsumsi dan penginapan mereka di Jakarta," ujar CEO LIMA Ryan Gozali di Jakarta, kamis (7/2). Sekretaris Jenderal PB Persatuan Basket Seluruh Indonesia (Perbasi) Agus Mauro mengatakan ajang ini meringankan beban Perbasi dalam hal pembinaan pemain usia muda, terlebih setelah adanya surat edaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga terkait dihentikannya dana bantuan penyelenggaraan dan keikutsertaan ke ajang event tunggal tahun ini.

Agus menambahkan, selain sebagai ajang pembinaan, pihaknya juga akan menjadikan Liga Basket Mahasiswa sebagai salah satu prosedur seleksi timnas U-23 yang akan berlaga di Islamic Solidarity Games (ISG) Juni mendatang. "Di ISG itu kan yang boleh bermain pemain di bawah 23 tahun, makanya kita akan menyertakan pencari bakat kita untuk memantau pertandingan itu, untuk mencari skuat timnas," tandas Agus.

Sumber : MetroTV News

Editor : Azka