Penyerahan anugerah UNESCO Award oleh Direktur Unesco Asia Pasific kepada Kepala SNKN 4 Mataram. (Foto : Istimewa).

MATARAM, AKTIFLAB.com -- Kiprah SMKN 4 Mataram dalam mensukseskan program Life Skill berbuah manis. Sekolah ini berhasil meraih Unesco Award Asia Pasific. Penghargaan diserahkan Direktur Unesco Asia Pasific, Dr. Anwar Al Said kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Mataram HL. Makmur Said, di aula SMKN 4 Mataram, Rabu (13/2/2013).

Selain menyerahkan Unesco Award, Anwar Al Said juga menyerahkan penghargaan kepada empat guru berprestasi yang ikut mendukung program-program dari Unesco. Sekda dalam kesempatan itu menyampaikan, SMKN 4 Mataram merupakan salah satu sekolah yang memberikan pembinaan life skill.

Selain mendapatkan banyak penghargaan, sekolah ini juga telah banyak melakukan kontrak kerjasama baik skala nasional maupun internasional. “Bahkan sekarang sedang melakukan pembinaan pendidikan di Timur Leste,” ungkap Sekda.

Ditambahkannya, SMKN 4 Mataram dirancang untuk mempersiapkan 1.000 siswa-siswa yang siap bersaing dibursa kerja. Terbukti, lulusan dari SMKN 4 Mataram hampir semua mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan jurusannya.

Dengan penghargaan ini, Sekda berharap akan mampu menjadi inspirasi dan motivasi bagi SMKN 4, dan sekolah-sekolah lain baik di Kota Mataram maupun di luar daerah. Direktur Unesco Asia Pasific, Dr. Anwar Al Said mengatakan, kerjasama dalam bidang pelatihan dan pembinaan yang dilakukan SMKN 4 Mataram untuk penduduk Timur Leste telah terlaksana sesuai rencana, sehingga Unesco Award diberikan sebagai bentuk apresiasi, agar program-progran bisa dilaksanakan secara berkelanjutan.

Unesco sebagai lembaga yang memberikan perhatian terhadap sistem pendidikan, kebudayaan dan hal-hal yang berkaitan dengan masyarakat, berkomitmen memberikan keterampilan dan pendidikan untuk daerah yang terbelakang. “ Pendidikan serta masyarakat di Kota Mataram bisa jadi contoh yang baik bagi daerah-daerah lain di Indonesia,” katanya.

Kepala SMKN 4 Mataram, H. Istiqlal menambahkan, beberapa prestasi yang telah diraih SMKN 4 Mataram antara lain, membimbing 10 sekolah yang berada di NTB untuk mendapatkan sertifikasi ISO dalam waktu tiga bulan,  setiap tahun melakukan pertukaran dan pembinaan siswa serta guru dari Belanda, Singapura dalam bidang Ilmu Teknologi, Malaysia dalam bidang industri.   ''Sekolah juga telah bermitra dengan hotel-hotel berbintang di daerah ini.,'' jelasnya.

Sumber : Portal Berita Warga NTB

Editor : Azka