ILUSTRASI. (FOTO : ISTIMEWA)
BEKASI, AKTIFLAB.com -- Para siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri Bekasi kini bisa bernafas lega karena sudah terbebas dari iuran sekolah. Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat telah mengalokasikan dana sebesar Rp55 miliar untuk menggratiskan biaya pendidikan siswa SMA negeri mulai 2013.

"Tahun ini SMA negeri di Kota Bekasi kita gratiskan dengan subsidi Rp 170 ribu per siswa per bulan," kata Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi Alie Fauzi, di Bekasi, Selasa (19/2/2013) seperti dilansir pada republika.com.

Sebanyak 18 SMA Negeri di Bekasi telah sepakat dengan segala ketentuan yang telah diputuskan pada rapat bertajuk “Sekolah Bebas Biaya” yang diadakan di SMA Negeri 1 Bekasi beberapa waktu lalu. Dalam rapat tersebut dihadiri oleh beberapa perwakilan SMA Negeri dari 12 Kecamatan di Kota Bekasi serta jajaran Dinas Pendidikan.

Kepala Bidang Bina Program Dinas Pendidikan Kota Bekasi, Alie Fauzi juga mengungkapkan bagi sekolah yang masih memungut biaya akan dikenakan sanksi tegas dari Dinas. “Mulai saat ini, tidak boleh ada lagi SMA Negeri yang memungut iuran bulanan. Pokoknya siswa gratis sekolah. Pemkot sudah mengalokasikan 55 miliar," jelasnya.

Anggaran Pengeluaran Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi tahun 2013 menganggarkan 2 triliun rupiah untuk pendidikan anak Bekasi. Dinas pendidikan sendiri mendapatkan 20 persen atau setara dengan 300 miliar rupiah.

Penulis: Rahayu Aditya

Editor : Eugene Sakti