Merpati Putih SMAN 40 Jakarta. (Foto : Rahayu Aditya)
JAKARTA, AKTILAB.com -- Ekstrakurikuler Merpati Putih (MP) SMA Negeri 40 yang terus mengoleksi medali bagi sekolahnya kian menunjukan kesuksesannya dalam mencetak atlet-atlet muda berbakat. Banyaknya kompetisi yang telah mereka ikuti semakin mengharumkan nama baik sekolah mereka.

Persiapan yang matang ialah kunci kesuksesan dari tim yang dilatih oleh Aswin Budiarto yang juga merupakan alumni dari SMA N 40. Stamina yang kuat, tenaga yang penuh, dan berbagai tekhnik pertahanan terus dilatih demi mendapatkan predikat juara.

“Biasanya persiapan yang kami lakukan ialah lari selama 5-30 menit, push up sebanyak 50-100 kali, Melatih tendangan 15 detik, 25 detik, 30 detik masing-masing tiga kali, dan tekhnik menendang, pertahanan, dan bantingan,” tutur Aswin Budiarto.

Sebelum mengikuti suatu kejuaraan, tim Merpati Putih SMA N 40 mempersiapkan diri kurang lebih selama dua bulan. Untuk perizinan dan transportasi dari sekolah sendiri pun juga mudah tanpa halangan.

Selama lebih dari 20 tahun ekstrakulikuler Merpati Putih berdiri di SMA N 40 sudah sukses mencetak atlet-atlet terbaiknya. Di tahun 90-an ada satu anggota MP SMA N 40 bernama Muhammad Idris yang dikirim untuk mengikuti Sea Games dan sekarang sudah menjadi salah satu pelatih Merpati Putih.

Untuk beberapa tahun terakhir tim Merpati Putih SMA N 40 sudah banyak memberikan medali kebanggaan bagi sekolahnya. Sebanyak tujuh medali emas, satu medali perunggu, enam medali perunggu disabet sekaligus oleh tim mereka dalam satu kejuaran yakni Kejurlat VI.

Harapan yang besar juga dituturkan oleh Aswin Budiarto untuk tim kebanggaannya. “Iya harapannya supaya anggota saat ini yang masih aktif tetep semangat latihan terus, supaya bisa menjadi lebih baik dari senior dalam berprestasi,” tutupnya.

Penulis : Rahayu Aditya

Editor : Azka