Inayah Rohmani Dayyan. (Foto : Rahayu Aditya)
 
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Trofi juara dua Bidang Kebumiaan Jakarta Utara yang pernah diselenggarakan di SMAN 52 beberapa bulan lalu, menjadi prestasi yang patut dibanggakan dari siswi yang duduk di bangku kelas XI SMA N 40, Inayah Rohmani Dayyan.


Padahal, awalnya lomba yang diikuti oleh puluhan Sekolah Menengah Atas ini sempat membuat nyali Inayah ciut. Akan tetapi dukungan yang besar dari keluarganya dan keberaniannya untuk mencoba membawa hasil yang tidak disangka olehnya.

Sebenarnya Inayah menyimpan satu kunci sukses yang berhasil mengantarnya menduduki peringkat kedua lomba Bidang Kebumian. Rahasia itu berawal dari ketertarikannya dengan bebatuan yang dikoleksi oleh sang ayah, Inayah kian mendalami pemahamannya terhadap ilmu kebumiaan tanpa ada paksaan.


Ditambah profesi sang ayah yang menjadi selama ini dikenal sebagai guru mata pelajaran Geografi serta mengajar di sekolah tempat Innayah menuntut ilmu, bisa jadi salah satu kelebihan Innayah untuk menunjukan bakatnya yang acapkali dibandingkan dengan kakaknya. "Aku sering dibanding-bandingin sama kakak aku makanya aku pengin tunjukin ini lho aku, dan alhamdulilah kemarin bisa dapat juara," ujar Inayah.

Siswi kelahiran 22 Agustus 1996 ini memang banyak terinspirasi dari ayahnya yang sudah dianggapnya seperti teman, sahabat, bahkan pacarnya sendiri. Kedekatan ia dengan ayahnya semakin erat karena keduanya memiliki banyak hobi yang sama seperti fotografi. "Aku lebih deket sama ayah, di rumah juga sering ngobrolnya sama ayah. Ayah sangat berperan penting untuk aku dan aku juga suka foto karena sering melihat foto-foto karya ayah," jelas dia.

Inayah tak hanya dikenal sebagai siswi yang berprestasi, ia juga aktif dalam kegiatan sekolahnya terbukti dengan dirinya yang menjabat sebagai Ketua Osis. Gadis bertubuh tinggi ini memiliki impian besar, yakni membawa jaket kuning berlambang Universitas Indonesia ke hadapan kedua orangtuanya. "Impian terbesar aku ingin membawa jaket kuning UI ke hadapan ayah sama mama karena aku ingin membuat mereka bangga," harap Inayah.

Penulis: Rahayu Aditya
Editor: Eugene Sakti