SMAN 40 Jakarta. (Foto : Rahayu Aditya)

JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Fasilitas Wi-Fi yang kini semakin dikembangkan oleh pemerintah di berbagai tempat di Jakarta juga sudah masuk ke sekolah-sekolah. SMA Negeri 40 Jakarta Utara merupakan salah satu sekolah yang mendapatkan fasilitas tersebut.

Wi-Fi yang sudah ada sejak tahun 2009 lalu ini sangat disayangkan karena masih banyak gangguan teknis untuk menggunakannya. Sinyal yang sering hilang ataupun loading yang lama ialah kendala besar bagi siswa atau guru SMA 40 untuk memaksimalkan penggunaan Wi-Fi tersebut.

"Ada Wi-Fi di sini tetapi kita jarang pakai karena loading lama banget," tutur Gadis salah satu siswi kelas XI.

Pihak sekolah juga tak hanya berdiam diri dengan masalah teknis tersebut sehingga sekolah membeli modem pararel yang bisa digunakan bersama-sama.

Selain Wi-Fi banyak juga perubahan yang terus meningkat di sekolah yang terletak di Jalan Budi Mulya, Pademangan Barat Jakarta Utara ini. Bantuan dari pemerintah juga dirasa sangat membantu peningkatan berbagai fasilitas di sekolah ini seperti pembeliaan mobil untuk kegiatan sekolah, proyektor yang ada di setiap kelas, dan lainnya.

"Dari 2009 memang sudah ada proyektor tetapi sekarang sudah semakin banyak, sekitar 60 persen dari guru sudah menggunakannya,” ujar Wakil Kepala Sekolah, Endang Sri Astuti.

Pada tahun 2010, SMA Negeri 40 juga didatangi oleh Wakil Presiden Boediyono bersama beberapa menteri untuk memberikan bantuan pendidikan kepada pihak sekolah. BRI juga memberikan bantuan setelah kunjungan dari WaPres saat itu. "Kami mendapatkan hibah dari BRI setelah kunjungan Pak Boediyono berupa tiga notebook dan dua LCD,” tuturnya.

Penulis: Rahayu Aditya

Editor: Eugene Sakti