ILUSTRASI. (FOTO : ISTIMEWA)

JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Berbagai macam fasilitas untuk membantu pengembangan kegiatan belajar mengajar terus ditingkatkan oleh pemerintah. Salah satunya berupa pengoperasionalisasian perpustakaan digital di SMAN 111 Bandengan Utara No. 80, Penjaringan, Jakarta Utara.

Pemasangan alat-alat penunjang yang sudah rampung bulan lalu belum bisa dioperasionalkan karena menunggu keputusan dari Dinas. Perpustakaan Digital ini merupakan program di mana setiap murid sudah tidak lagi membaca buku, akan tetapi mereka sudah bisa mencari informasi dengan menggunakan tablet yang telah disediakan.

"Jadi nantinya sudah tak ada buku lagi, sudah seperti e-book yang bisa mereka lihat dengan menggunakan tablet-tablet," tutur Wakil Kepala Sekolah SMAN 111, Agus Rahayu dalam wawancara dengan Aktiflab.com, Kamis (7/2/2013).

Akan tetapi, fasilitas Perpustakaan Digital ini hanya dioperasionalkan di beberapa SMA saja. "Menurut informasi yang saya dapat memang hanya di beberapa SMA saja, dan SMAN 111 salah satunya," kata Agus.

Tak hanya Perpustakaan Digital saja yang akan dioperasionaliskan dalam waktu dekat ini. Pihak sekolah SMAN 111 juga terus meningkatkan pengembangan sarana dan prasarana agar dapat menunjang kegiatan belajar mengajar di sekolahnya. "Peningkatan terus dilakukan, seperti saat ini hampir semua kelas sudah tersedia infocus dan dalam waktu dekat ini sekolah rencananya akan meningkatkan ruang aula," terang Agus.


Penulis: Rahayu Aditya

Editor: Eugene Sakti