Pekan Sejarah. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Lantai 1 gedung IV Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia (FIB UI) diramaikan oleh para antusias sejarah pada tanggal 1-5 April 2013. Pekan Sejarah keempat yang diadakan atas kerjasama Departemen Sejarah FIB UI dan Penerbit Komunitas Bambu ini berlangsung lancar. 

Acara ini diawali dengan diskusi kecil-kecilan yang sering dilakukan oleh JJ Rizal, pendiri Komunitas Bambu, dan teman-temannya. Setelah dijadikan penerbit yang mengkhususkan pada bidang sejarah, budaya, dan humaniora, Komunitas Bambu pun ingin mempertahankan kegiatan diskusi tersebut dengan mengadakan Pekan Sejarah.

“Diskusi itu melibatkan banyak unsur. Kita mau menggambarkan bahwa sejarah itu ilmu yang terbuka, sejarah itu bisa ditulis oleh siapa saja, karena sejarah memang milik kita bersama, bisa kita tulis sama-sama. Jadi yang menarik di acara ini adalah unsur-unsur mereka yang bergiat dan punya keperluan dengan sejarah, siapapun yang merasa perlu, bisa datang ke sini,” jelas JJ Rizal tentang acara Pekan Sejarah ini.

Dari beragamnya susunan acara; di antaranya adalah diskusi beberapa buku terbitan Komunitas Bambu, pemutaran film dokumenter dan film lama, bincang-bincang dengan praktisi dan akademisi sejarah, dan pembacaan sajak. Selain itu para antusias sejarah juga bisa membeli langsung buku-buku terbitan Komunitas Bambu dengan potongan harga yang tidak sedikit.

Selain oleh mahasiswa UI, acara ini juga dihadiri oleh para murid SMA yang antusias terhadap sejarah. “Pesan saya, acara init uh jangan diadakan satu tahun sekali. Kalo bisa satu tahun itu tiga kali. Acara ini cukup bagus. Cuma, gak tau kenapa, kok cuma dari SMA Parung aja yang dari SMA-nya. Kalo bisa dibikin acara seminar dan itu dihadiri oleh peserta dari SMA. Gitu,” ungkap Faisal Sadewa, salah satu tamu Pekan Sejarah IV dari SMA Parung.

Reporter : Mochamad Ridwan
Editor : Idham Azka