Richard H Saputra. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Menjadi penjaga gawang untuk tim sepakbola Barcelona adalah cita-cita pertama Richard H Saputra, yang biasa dipanggil Richard. Dengan segera Richard menyampaikan cita-citanya yang kedua dan ketiga saat ditemui oleh tim Aktiflab, yaitu memiliki restoran sambil menjadi kokinya dan menjadi dosen.

“Sekarang lagi mengejar yang ketiga dan yang kedua sih. Kalo yang pertama kan susah,” tambahnya sambil tertawa. “Gue harus kuliah dulu. Minimal S2. Karena itu gue berusaha nyelesaiin S1 gue sebaik-baiknya dan mencoba sambil punya pengalaman lain sehingga gue bisa S2 cepet,” begitu rencananya untuk mencapai cita-citanya menjadi dosen.

Richard yang saat ini sedang berkuliah di jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Jakart (UNJ) juga aktif berorganisasi, baik di dalam kampus maupun di luar. Selain tergabung dalam BEM UNJ dan PMK (persatuan Mahasiswa Kristen), Richard juga tergabung dalam YAI (Yayasan AIDS Indonesia) dan sewaktu-waktu bergabung dengan komunitas anak jalanan untuk membantu mereka. 

Untuk prestasi, Richard tak pernah memiliki IPK di bawah tiga, ia juga pernah mendapatkan juara II lomba makalah UNJ untuk pemuda, Juara III MAWAPRES (Mhasiswa Berprestasi), Juara II lomba debat se-Jabodetabek mewakili Sospol (Sosial Politik) di PNJ (Politeknik Negeri Jakarta).

“Sebenernya sih ke depannya gue pengen banget SM3T (Sarjana Mendidik di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal) yang dikirim ke daerah buat jadi guru di sana. Cuma gue hidup bertiga sama nyokap sama adek gue, cewek. Kalo gue ninggalin mereka dalam satu tahun, berasa. Jadi kemungkinan besar sih gue akan coba S2 di UPI Bandung karena IPU doing yang ada jurusan IPS-nya. Kalo di UNJ belum ada IPS-nya,” ungkap Richard.

Reporter : Mochamad Ridwan
Editor : Ratna Saraswati