Jatu Tri Hardiyanti. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Memikirkan cara sukses untuk diri sendiri adalah hal yang umum, tetapi memikirkan cara untuk membuat orang lain sukses jarang dilakukan. Jatu Tri Hardiyanti adalah salah satu orang yang merencanakan masa depannya demi mengajak orang lain sukses.

Jatu yang saat ini berkuliah di UNJ jurusan Manajemen Pendidikan sudah dua tahun menekuni bisnis aksesoris perempuan. Bisnis yang dijalaninya ini mendapatkan modal awal dari sebuah program Gerakan Kewirausahaan Nasional yang diadakan oleh Koperasi dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) dari beberapa kampus di awal tahun 2013. Dari 23.000 proposal yang ikut serta, terpilih lah 1.500 proposal yang akan diberikan modal sebesar 5 – 25 juta rupiah, dan proposal bisnis Jatu termasuk yang terpilih.

“Kenapa lebih milih itu (entrepreneur), karena kita nggak ada keterikatan. Kalo misalkan di kantor kita tetep terikat dengan waktu, semuanya. Sedangkan kalo entrepreneur, kita bebas,” ungkap Jatu yang sekarang juga sedang magang di sebuah Taman Kanak-Kanak sebagai admin.

Di sela-sela bisnis dan kegiatan magangnya, Jatu pun sudah dua semester mendapatkan IPK 4.00 selama ia berkuliah. Perempuan yang sedang mengerjakan skripsi ini juga bercerita bahwa orangtuanya mendukung kegiatan bisnisnya ini karena ayahnya pun mulai menjadi wirausaha di bidang percetakan semenjak pensiun. 

Soal tujuannya menjadi entrepreneur, Jatu menjelaskan, “Kalo misalkan, alhamdulillaah, bisa menjadi besar usahanya, pastinya bisa membuat usaha yang baru, juga menambah lowongan kerja. Terus bisa lebih mendorong diri sendiri aja buat explore.”

Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati