Ijal. (Foto : Mochamad Ridwan).


JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Lewat kata-kata, gambar, atau bentuk lainnya, setiap orang pasti akan mencari cara untuk menyampaikan pemikirannya. Afrizal Syaputra, mahasiswa PERBANAS jurusan Akuntansi, melakukannya melalui musik hiphop.

Ijal yang saat ini sudah banyak menciptakan lagu dan lirik melakukan rekaman di kamarnya sendiri. Dengan memanfaatkan kemajuan teknologi, Ijal berhasil menguasai software-software perekam dan mixing melalui forum-forum yang ada di dunia digital. 

“Gue pendengar musik hiphop dari SMP,” ungkapnya, “Mulai menggeluti semester satu. Semester dua udah mulai coba-coba software-software-nya sampe sekarang”.

Ijal dan grup musik hiphopnya, Kasur Rap, pun sudah sering tampil di depan orang banyak, walaupun seringnya tampil di acara-acara kampusnya sendiri.

“Di Margo City pernah. Di Gandaria City pernah. Terus event-event hiphop-nya sendiri pun gue pernah ikutan. Ada komunitas hiphop Indo gitu, ada event gue ikutan. Ulang tahun temen pernah iseng-iseng ssembari promo. Pokoknya ada kesempatan gue bawa minus one, bawa playback lagu, gue setel, gue nyanyi di situ,” tambahnya.

Sebagai usaha mempromosikan dirinya, Ijal pun memanfaatkan media-media digital yang ada. Lagu-lagu dan video-video karyanya bersama Kasur Rap pun bisa dinikmati di Youtube, 4shared, dan www.reverbnation.com.

Walaupun kemampuannya menyusun lirik patut diacungi jempol, sejauh ini Ijal hanya menggeluti musik hiphop sebagai sebuah hobi. Harapannya akan yang ia lakukan ini masih menjadi rahasia dirinya. Seperti yang ia katakan dalam lagu Pemenang, “Hanya dirimu yang tahu akan jalanmu”.

Ijal saat beraksi. (Foto: Istimewa).

Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati