Raka Febrianto. (Foto : Istimewa).


JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Raka Febrianto, salah satu anggota tim futsal SMAN 36, mengikuti ekstrakurikuler (ekskul) futsal bukan hanya untuk mencari kegiatan. Laki-laki yang masih duduk di bangku kelas XI jurusan IPS ini mengikuti ekskul futsal dan mengumpulkan banyak prestasi demi mencapai cita-citanya menjadi pemain futsal di tim nasional Indonesia.

“Awalnya dulu gue main sepakbola. Tapi karena sepakbola di Indonesia gak jelas, ya, akhirnya gue lebih milik main futsal sekarang. Pengennya sih tahun ini ikut pro,” ungkapnya sambil mengamini diri sendiri. 

Raka yang juga tergabung di club futsal BieTheGreat dan Brilyan Sport FC ini sudah memiliki beberapa prestasi individu, di antaranya gelar Topscorer Unsahid Cup, Topscorer Unas Cup, dan gelar Best Player dari Al-Azhar Kelapa Gading 2012/2013 yang ia dapatkan saat bermain bersama tim futsal SMAN 36.

Sayan Karmadi dan Socrates Matulessy, dua anggota tim nasional futsal Indonesia pun ternyata berperan dalam membangkitkan semangat Raka dalam meraih mimpi, “Dua-duanya sama-sama hebat di dalam dan di luar lapangan dan memiliki sifat kepemimpinan yang tinggi. Kalo Socrates Matulessy, karena dia alumni 36 juga,” jelas Raka sambil tersenyum.

Jalannya menuju cita-cita mungkin sudah terlihat jelas, tapi Raka mengakui bahwa prestasi yang ia dan tim-tim futsalnya miliki tidak datang begitu saja. “Latihan rutin seminggu tiga kali. Intinya sama niat. Kalo udah dimulai dengan niat, tinggal kitanya kerja keras dan berlatih semaksimal mungkin. Karena tanpa latihan kita gak akan bisa,” ungkapnya.

Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati