Ayu Permatasari. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Memajukan bidang pendidikan di Indonesia adalah cita-cita Ayu Permatasari. Ayu yang saat ini sedang menempuh pendidikan di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) jurusan Teknik Sipil pun pernah menjuarai Liga Bola Besar cabang bola basket bersama timnya di SMAN 3 Bekasi.

“Kalo masalah pendidikan.. karena gue kuliah di kampus pendidikan juga ya.. jadi gue sedikit banyak belajar tentang cara ngajar, cara bersosialisasi, dan komunikasi sama anak,” ungkapnya.

Sebagai langkah awal dalam memajukan bidang pendidikan di Indonesia, Ayu pun aktif di banyak kegiatan bakti sosial bersama kampusnya. “Baksosnya di luar dari jurusan gue, Teknik Sipil, yang merenovasi sekolah atau mushola. Itu juga kita bikin acara-acara pendidikan buat anak-anak di sana gitu,” jelas Ayu.

Selain itu, Ayu juga menjabat Kepala Departemen Advokasi di HIMA (Himpunan Mahasiswa) Teknik Sipil UNJ. “Tugasnya menampung aspirasi mahasiswa yang ada di jurusan gue. Jadi misalkan ada masalah, dia ngomong ke gue. Biar nanti gue yang nyampein langsung ke kepala Prodi (Program Studi),” jelas perempuan yang juga pernah menjadi finalis Abang-Mpok kota Bekasi tahun 2009.

Untuk rencana selanjutnya, Ayu sementara ingin menyusun skripsi dulu dan melaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan). “Buat pendidikan gue sih sekarang lagi nyari beasiswa buat S2. Mungkin kalo basket hanya selingan hobi yang bikin badan sehat,” tambahnya sambil tersenyum.

Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati