Gita Novianti Suliawan. (Foto: Istimewa).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Untuk menjadi berguna, selalu lebih baik dari sebelumnya, memberdayakan yang lain, dan bisa hidup bahagia dunia dan akhirat adalah tujuan Gita Novianti Suliawan. Perempuan yang bersekolah di SMAN 2 Bengkulu ini pun sudah memulai menjajaki perjalanannya menuju ke sana.

Tanpa membuang waktu, Gita sudah mengikuti berbagai kompetisi dan kegiatan lain yang membuatnya terus berkontribusi kepada masyarakat. Tahun ini saja Gita berhasil membuat program bernama Merah Putih Gaya Gue yang mendapat banyak tepuk tangan saat pembahasannya di acara pembukaan Indonesia Youth Forum 2013.

Dengan Merah Putih Gaya Gue, Gita berusaha mengenalkan dan menyebarkan semangat nasionalisme kepada sesama anak muda. Seminar dan workshop yang ia adakan untuk kampanye ini pun didanai dengan penjualan merchandise yang ia atur sendiri produksinya.

Selain itu, Gita yang bercita-cita menjadi diplomat ini juga sedang membuat sebuah proyek sosial yang memanfaatkan kemajuan teknologi. Proyek yang ia namanak Book For Future ini sedang dalam tahap pembuatan website yang akan diluncurkan sebentar lagi.

“Itu wadah buat kita bisa memberi donasi buku secara online. Nantinya bisa mereka kumpulkan ke pos-pos terdekat Book For Future. Di sini ada fund raising juga buat ngebangun taman bacaan untuk mengintegrasi buku-buku donasi itu lewat penjualan merchandise. Ke depannya juga kita mencari mitra strategis juga buat fund raising kayanya,” jelas Gita.

Gita yang sangat suka membaca mengaku sulit baginya mendapatkan akses untuk buku-buku bermutu. “Memang sih jaringan tingkat buku nasional kaya Gramedia udah ada di Bengkulu sekarang, but it’s not enough. Jadi yang di wilayah kota aja masih kesulitan. Apalagi yang di luar wilayah kota. Dan nggak semua orang punya ekonomi yang wealthy enough to buy a book,” tambahnya.

Prestasi:

  1. Juara 3 Lomba Drum Band Cendana Fair, SMA N 05 Kota Bengkulu (TA 2009/2010)
  2. Juara 2 Lomba Fotography “Go Green Campaign”, FISIP Universitas Bengkulu 2011
  3. Participant Journalist Expose, Seminar Pelatihan dan Lomba Kreatif Jurnalistik, FISIP Universitas Bengkulu 2011
  4. Participant FISIP SUMMIT, FISIP Universitas Indonesia 2012
  5. Delegasi Forum Pelajar Indonesia 4 Tahun 2012
  6. JMUN (Jakarta Model United Nation) School Ambassador  Tahun 2013
  7. Delegasi Indonesia Youth Forum Tahun 2013

Gita Novianti Suliawan bersama rekan-rekan BFF (Book For Future). (Foto: Istimewa).



Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati

0 komentar:

Posting Komentar