Komunitas Surockpati Jamm. (Foto : Istimewa)


JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Siang itu tim Aktiflab menemui Dave Stevie Williams Tepalawatin, salah satu pemusik yang aktif di Surockpati Jamm. Surockpati Jamm sendiri adalah sebuah perkumpulan yang mengadakan acara setiap hari Sabtu jam 8.00 malam di Taman Suropati. 

“Mereka isinya semua yang peduli akan Taman Suropati—pokoknya semua elemen yang di dalam Surockpati, entah itu music, art, atau anything lah. Pokoknya mereka semua di-combine di situ jadi satu, jamming. Ibaratnya performing art, wadah apresiasi buat mereka. Gak perlu bayar, semuanya gratis di Surockpati. Kita nyediain sound system untuk performing, mic juga, semua alat-alat musiknya, didukung lah sama kita,” jelas Dave siang itu.

“Kegiatannya banyak, tapi yang paling dominan si music jamming. Sebetulnya bukan hanya music aja tapi kaya dance, teater, fotografi, desain, mungkin seni lukis, beatbox, stand-up comedy juga boleh, puisi, atau mungkin shuffle juga. Lo bebas berapresiasi lah di situ. Mau jungkir balik lo juga boleh, yang penting seni, lo bisa tunjukin bakat yang lo punya dan semua itu free,” tambahnya.

Dave juga menjelaskan bahwa perkumpulan yang terbentuk awal Maret 2013 ini tidak memiliki jumlah anggota khusus, “pokoknya yang peduli sama Taman Suropati itu lah anggotanya; yang peduli akan kebersihannya, yang peduli akan seni musiknya. Semua yang berhubungan sama seni mereka mau kembangin, nah ini wadahnya mereka.”

Dengan menutup penjelasannya, Dave pun berpesan, “Daripada diem-diem aja mending lo berkarya di musik. Pokoknya lo tunjukkin seni lo. Jangan lo cuma bisa mabuk-mabukan/minum-minum. Itu kan negatif. Ya jadi lebih baik kita ngelakuin hal positif. Apa yang bisa lo lakuin kita open, terbuka, bebas lo mau bikin apa.”

Pewarta : Mochamad Ridwan
Editor : Ratna Saraswati