Siswa Merpati Putih SMAN 40. (Foto : Rahayu Aditya)


JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Kegiatan ekstrakulikuler Merpati Putih (MP) di SMAN 40 semakin dilirik karena langganan membawa pulang medali emas, perunggu, ataupun perak. Kebanggaan yang ditorehkan selama ini kian membuat eksistensi MP semakin dikenal.

Kemampuan para atlit muda SMAN 40 sudah tidak diragukan lagi karena pada satu tahun terakhir, sudah belasan medali didapat baik dalam Kejuaraan Antar Kolat (Kejurlat) ataupun pertandingan yang diadakan di sekolah lain. Latihan yang rajin dan rutin merupakan kunci dari keberhasilan kemenangan MP SMAN 40 selama ini.

"Persiapan kami kalau sedang ingin mengikuti pertandingan itu lebih mengutamakan kekuatan fisik dan latihan yang rutin,” ujar Aswin selaku pelatih MP SMAN 40.

Ekskul MP SMAN 40 juga pernah mengharumkan sekolahnya di tingkat Jawa Barat dengan mengantongi medali emas dan perunggu saat itu. MP SMAN 40 juga pernah beberapa kali menjadi juara umum tingkat Jakarta Utara.

Ekskul yang telah ada sejak 1990-an ini beranggotakan puluhan siswa-siswi SMAN 40, akan tetapi saat ini yang aktif hanya belasan murid saja. Keterbatasan pelatih juga menjadi kendala besar bagi ekskul MP untuk mengembangkan kegiatan mereka.

Penulis: Rahayu Aditya
Editor: Eugene Sakti