Pendaftar SNMPTN 2013. (Foto : Istimewa).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Ketua Panitia Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013 Akhmaloka mengatakan jumlah siswa yang mendaftarkan diri ke SNMPTN baru mencapai lebih dari 350 ribu orang. Jumlah tersebut masih jauh dari target yaitu mulai 800 ribu hingga 1 juta orang pendaftar.

Ia mengatakan hingga Minggu (24/2) pertambahan jumlah pendaftar setiap harinya mulai 25 hingga 30 ribu orang. "Jumlah pendaftar setiap harinya bertambah. Kisarannya mulai 25 hingga 30 ribu orang," katanya.
Jumlah pendaftar paling banyak sampai saat ini berasal dari Provinsi Sumatra Barat. Sedangkan jumlah pendaftar dari Maluku Utara masih menjadi yang paling sedikit yang mendaftar.

Rektor Institut Tekonolgi Bandung (ITB) itu mengatakan jumlah siswa yang mendaftar melalui Pangkalan Data Sekolah Siswa (PDSS) berjumlah sekitar 1,5 juta siswa. Akhmaloka menuturkan kemungkinan jumlah pendaftar akan meningkat menjelang ditutupnya waktu pendaftaran SNMPTN 2013.

Universitas Padjajaran menjadi Universitas tujuan pendaftar kedua terbanyak sementara dengan jumlah pendaftar tercatat sebanyak 28 ribu orang. "Saya lupa Universitas tujuan pendaftar pertama terbanyak," ujar Akhmaloka.

Panitia SNMPTN diakui dia belum melakukan pendataan terhadap Universitas dan program studi mana yang paling diminati berdasarkan pilihan para pendaftar yang sudah masuk. "Kami akan melakukan evaluasi minggu depan. Kami akan evaluasi daerah mana saja yang jumlah pendaftarnya masih terhitung sedikit, lalu mencari tahu apa sebabnya," jelasnya.

Jika sebarannya banyak berada di kota besar, mungkin penyebabnya bukan masalah infrastruktur. Sedangkan hal sebaliknya mungkin menjadi masalah yang dihadapi di kota kecil dan terpencil.

Tim SNMPTN 2013 akan mendatangi sekolah-sekolah di daerah yang masih minim pendaftar. Mereka juga akan meminta bantuan universitas negeri terdekat untuk membantu sekolah tersebut dalam pengisian data.

Sumber : MetroTV News

Editor : Azka