Asep Rudi Casmana. (Foto: Istimewa).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Asep Rudi Casmana yang berkuliah di Universitas Negeri Jakarta jurusan Ilmu Sosial Politik ini bercita-cita menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di Republik Indonesia. Harapannya, ia selalu bisa memanfaatkan waktu sebaik-baik mungin dan menjalani pilihan yang akan mengantarkannya ke sana.

Asep yang saat ini berkuliah dengan beasiswa penuh dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan harus terus membuktikan kelayakannya menerima beasiswa dengan mempertahankan IPK tinggi. Di samping itu, Asep tetap bisa meraih prestasi di banyak kompetisi dan kegiatan lain.

“Sebetulnya untuk pembagian waktu tu semua orang mendapatkan waktu yang sama, yaitu 24 jam dalam 1 hari. Kalo saya, saya benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik. Setiap aktivitas saya selalu terjadwal pada hari ini. Bahkan dalam satu bulan saya sudah memiliki jadwal yang terencana. Sehingga ada aktivitas lain yang di luar kegiatan tersebut, saya berusaha untuk menghindar karena saya sudah memiliki jadwal yang sudah saya tentukan,” jelas Asep tentang pembagian waktunya.

Selain membagi waktu, Asep pun sudah membagi strategi sejak kini untuk mewujudkan cita-citanya menjadi Menteri Pendidikan dan Budaya. Sesudah menyelesaikan pendidikan S1, Asep berencana mengambil S2 di Amerika sekaligus sebagai jalan untuk membandingkan proses administrative dan pendidikan di sana dengan di Indonesia.

“Setelah itu saya kembali ke Inodnesia dengan membangun berbagai ide yang saya bawa untuk membangun dunia pendidikan Indonesia,” tambahnya.

“Saya ingin mengabdikan diri dulu sebagai guru sebelum saya melangkah menjadi seorang menteri. Harus dari bawah dulu. Step-by-step. Menjadi seorang guru dulu, kemudian menjadi kepala sekolah, menjadi kepala dinas pendidikan, kemudian kabupaten provinsi, baru ke tingkat menteri. Seperti itu,” jelas Asep tentang rencana selanjutnya.

Asep yang juga hobi browsing internet dan bermain badminton ini memiliki motto “Preparation, perfect, performance”. “Segala sesuatu yang akan saya lakukan saya berusaha mempersiapkan sebaik dan semaksimal mungkin,” jelas Asep.

Prestasi :

  1. Juara III LKTI Nasional UPI Bandung 2011
  2. Juara III lomba esay se-UNJ 2011
  3. Juara 1 mahasiswa berprestasi Fakultas Ilmu Sosial 2012
  4. Juara 2 Mahasiswa berprestasi UNJ 2012
  5. Full beasiswa unggulan program sarjana KEMENDIKBUD RI
  6. Juara 2 duta fakultas ilmu sosial 2011
  7. Jakarta model United Nations 2011 (delegate of Chile)
  8. Delegate Of Russia Taylor MUN 202, Subang Jaya Malaysia
  9. Juara 2 Titian Muhibah awards CIMB Niaga, Visit Singapore
  10. Nobel PKM KARSA CIPTA DIKTI
  11. Pertukaran pelajar Indonesia-Thailand, Chiang May University 2013






Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati

0 komentar:

Posting Komentar