Perbanas Institue Choir. (Foto : Istimewa).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Perbanas Institute Choir berdiri pada 18 september 1987 dengan nama PSM STIE Perbanas. Pada tanggal 2 Februari 2008 lalu grup paduan suara ini berganti nama menjadi Perbanas Institute Choir.

“Kami dibina oleh Pak Agustinus Bambang. Selain pelatih dan pembina beliau bertindak sebagai konduktor di setiap perlombaan yang kami ikuti, baik ditingkat dalam maupun luar negeri," terang Andriani Luthfiani, ketua Perbanas Institute Choir.

Dalam perjalanannya, Perbanas Institute Choir mulai meraih berbagai prestasi dari tahun 1999. Namun saat dibina oleh Agustinus Bambang sejak tahun 2004, prestasi mereka semakin melejit.

Diawali dengan menjadi juara III dalam festival paduan suara di ITB Bandung untuk kategori Female Choir dan juara I untuk kategori Pop Song, Perbanas Institute Choir terus mendapatkan prestasi di berbagai kompetisi selanjutnya. Berikut adalah daftar kompetisi mulai tahun 2005 yang mereka menangkan berturut-turut setiap tahunnya :
  1. Kompetisi paduan suara di UNPAR Bandung tahun 2005, juara II pada kategori Populer dan kategori Pop Song.
  2. Kompetisi nasional di ITB Bandung tahun 2006, juara I kategori Pop Song dan juara II kategori Mixed Choir.
  3. Juara III dan IV untuk kategori Mixed Choir dan Pop Song pada International Choir Competition Festival di Barcelona Spanyol tahun 2007.
  4. Mendapatkan Gold Medal di kategori Pop Song, Mixed Choir dan Equal Voices dalam festival paduan suara ITB di tahun 2008.
  5. Penghargaan tertinggi mereka dapatkan pada kompetisi paduan suara di Rival del Garda Italia yang mendapat The Best Achievement dalam kategori Pop Song dan Mixed Choir  pada tahun 2009. Selain itu, konduktor mereka juga mendapat penghargaan sebagai The Best Conductor dalam ajang bergengsi tersebut.
  6. Di tahun 2010, mereka kembali tampil di ajang ITB Internasional Choir  Competition trofi Gold Medal di dua kategori yaitu Pop Song dan Mixed Choir pun mereka genggam kembali.
  7. Pada 2011, mereka kembali berlomba di Italia tepatnya di kota Rimini dalam ajang Internasional Coral Competition dan meraih juara II dan III dalam kategori Mixed Choir dan Pop Song.
Perbanas Institute Choir saat tampil di Italia. (Foto : Istimewa).
Perbanas Institute Choir saat tampil di Italia. (Foto : Istimewa).

Pada tahun 2012 yang lalu, Perbanas Institute Choir tidak mengikuti kompetisi apapun karena mempunyai project baru yaitu Java Touring Concert. Acara konser ini diselenggarakan di 3 kota yaitu Jakarta, Salatiga dan Semarang.

“Tanggal 2 Maret 2013 kita juga mengadakan konser di Perbanas dengan mengundang Choir SMA 54 dan Choir Paramadina”, ujar Andriani.

Di tahun 2013 ini Perbanas Institute Choir kembali mengikuti kompetisi berkelas dunia yaitu Internasional Choir Competion di Austria.

"Ini adalah kompetisi paling bergengsi karena sudah 50 tahun Austria mengadakan kompetisi ini. Kita baru dapat kabar kalo kita lolos audisi seleksi disana dan kita adalah satu-satunya dari Indonesia yang mewakili Asia", kata Andriani menambahkan.

Dari pihak kampus pun sangat mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Perbanas Institute Choir. Grup paduan suara Perbanas ini menyampaikan bahwa mereka juga berencana mengadakan konser di tahun ini.

Penulis : Mochamad Ridwan

Editor : Idham Azka