Yasminka (kanan) bersama anggota Taman Suropati Chamber. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com – Bagi mayoritas warga Jakarta, biasanya tempat hiburan pilihan di akhir minggu adalah mall atau pusat perbelanjaan. Berbeda dengan komunitas yang diisi oleh para pemusik dari segala usia ini.

Komunitas yang dibentuk oleh Ages dan Yasminka sejak tanggal 7 Mei 2007 ini dari waktu ke waktu semakin banyak anggotanya. Taman Suropati Chamber, nama komunitas ini, kini beranggotakan 500 – 600 orang dari awalnya 120 – 150 orang.

“Di taman itu karena kita sebenernya mau memberikan alternatif pendidikan yang lebih merakyat dan lebih open space serta menjauhkan anak-anak dari mall. Selain itu juga membuka mata publik di Jakarta terutama orang tua, bahwasanya hiburan buat anak itu ga harus di gedung yang tertutup atau di pusat perbelanjaan,” jelas Yasminka tentang tujuan dari komunitas yang dibentuk bersama suaminya ini.

Yasminka menuturkan bahwa komunitas ini murni dibentuk untuk membuat generasi muda mencintai lagu-lagu daerah dan lagu-lagu nasional jadi tidak terfokus untuk berkompetisi pada perlombaan.

“Prestasi sih kita engga pernah ikut lomba-lomba karena kita selama ini tidak pernah. Komunitas ini tidak merasa harus berlomba dengan siapapun karena kita mendirikan ini dengan visi dan misi ingin melestarikan lagu daerah dan lagu nasional. Lalu menyebarluaskan rasa cinta terhadap lagu-lagu daerah dan nasional itu kepada generasi muda, jadi rasanya engga enak banget ya kalo dilombain”, tuturnya.

Yasminka juga sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin bermusik dan bergabung dengan mereka. Semua orang yang bisa memainkan alat musik, dari jenis apapun, dapat menemui Yasminka bila ingin mendaftar ke Komunitas Taman Suropati Chamber di Taman Suropati Jakarta Pusat dimana mereka berkumpul setiap hari Minggu jam 10.00 sampai 14.00 WIB.

Kalo mau gabung tinggal daftar menemui saya, Ibu Yasmin atau mas Totok dengan persyaratan-persyaratan yang bisa ditanyakan”, ujarnya menambahkan.


Penulis : Mochamad Ridwan

Editor : Idham Azka