Ilustrasi Limbah Terasi. (Foto : Istimewa).
BOGOR, AKTIFLAB.com – Isu pengembangan energi terbarukan di seluruh dunia membuat masyarakat yang berkecimpung di bidang sains terus melakukan penelitian untuk menemukan sumber energi selain bahan bakar fosil. Mahasiswa Departemen Biokimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (F-MIPA) Institut Pertanian Bogor pun turut aktif dalam hal ini.

Kepala Humas IPB Ir Henny Windarti, MS.i di Bogor, Jawa Barat menjelaskan penelitian yang dilakukan dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) menghasilkan sebuah temuan baru untuk sumber energi listrik. Sumber energi listrik ini didapatkan dari limbah cair organik dari terasi dalam penelitian berjudul “Pemanfaatan Limbah Cair Industri Terasi di Kabupaten Cirebon sebagai Penghasil Energi Listrik”.

Tim yang beranggotakan Silvika Sari, Heryani, Osy Yostia Utami, Qatrunnada, dan Haribowo melakukan penelitian menggunakan menggunakan limbah cair terasi yang diambil dari sebuah perusahaan terasi di Kabupaten Cirebon. Ir Henny Windarti juga mengatakan bahwa pemanfaatan sumber energi alternatif menjadi solusi di masa mendatang dalam memenuhi kebutuhan energi.

"Salah satu energi alternatif yang mampu diproduksi dalam waktu yang relatif singkat adalah dengan memanfaatkan limbah cair organik dari terasi," katanya.

Jenis terasi yang sering diproduksi di Indonesia, terutama di Kabupaten Cirebon adalah terasi udang. Ia mengemukakan bahwa limbah cair terasi itu masih mengandung nutrisi, seperti protein, karbohidrat, dan bahan-bahan lainnya, yang dapat dimanfaatkan bagi pertumbuhan mikroba.

"Mikroba inilah yang kemudian akan dimanfaatkan untuk memproduksi energi listrik," jelasnya mengungkapkan hal utama penghasil listrik dalam pengolahan limbah cair terasi ini.

Sumber : ANT

Editor : Idham Azka