Afinii Fressianne. (Foto : Istimewa).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Siswa kelas X SMKN 27 Jakarta, Afinii Fressianne belum lama ini mengikuti lomba Olimpiade Bahasa Jerman tingkat Nasional di Goethe Institut. Meskipun hanya menjadi finalis dalam ajang tersebut Afinii ternyata punya banyak pengalaman dalam banyak lomba bahasa asing, seperti story telling, lomba pidato dalam bahasa Inggris, kemudian lomba menulis dalam bahasa Inggris di mana dalam semua lomba tersebut Afinii menjadi juaranya.

Siswi kelahiran Jakarta 5 Januari 1997 ini awalnya kurang percaya diri mengikuti ajang lomba berbahasa asing tersebut. Namun, karena dorongan semangat dari orang-orang terdekat  dan juga seringnya menghafal dan membaca, Afinii mempunyai tekad yang kuat untuk bisa mengikuti lomba-lomba berbahasa asing sehingga dia bisa karena terbiasa.

Di sekolahnya, Afinii mengambil jurusan akomodasi perhotelan karena kesukaannya dalam berinteraksi. "Aku suka banget berinteraksi sama orang banyak dari bermacam-macam negara makanya di sekolah akau ambil jurusan akomodasi perhotelan biar ketemu sama orang banyak," ujar Afinii yang pertengahan 2013 ini kembali didapuk mewakili SMKN 27 di sebuah ajang lomba berbahasa asing.

Afinii sendiri ingin menjadi contoh yang baik buat adiknya agar kelak adiknya pun mempunyai prestasi yang lebih dibandingkan dengan dirinya. Selain itu Afinii juga berharap agar anak Indonesia mendapat pendidikan yang merata tanpa melihat status dan golongan agar pendidikan yang layak dapat merata.

Penulis: Mochamad Ridwan

Editor: Eugene Sakti