Mamang Ketua Jakarta Snakers Community. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com – Komunitas pecinta reptil Jakarta tidak hanya berkumpul dan sekedar menyalurkan hobi mereka tetapi mereka juga ingin mengedukasi  masyarakat tentang berbagai jenis ular.

Pada dasarnya kita ingin mengedukasi atau perkenalan gitu sama warga sekitar bahwa ini loh ular yang namanya Piton, kemudian ini jenis yang berbisa.Tapi kalo untuk yang berbisa kita kasih liat dari foto” ujar Mamang ketua Jakarta Snakers Community.

Selain memberikan pengetahuan mengenai berbagai jenis ular berbisa dan tidak, Jakarta Snakers Community juga menjelaskan pentingnya keberadaan ular dalam rantai makanan.

“Kita juga mengedukasi bahwa ular itu sebenernya masuk ke dalam rantai makanan, kalo sampai ular itu habis berarti nanti ada lagi yang lebih, yaitu tikus.Jadi ketika membunuh satu ular berarti kita memelihara seratus tikus,” jelas Mamang.

Bagi komunitas ini, kepuasan mereka tidak cukup hanya sebatas memelihara dan membesarkan ular-ular saja, mereka pun selalu berbagi ilmu berdasarkan pengalaman masing-masing untuk mengembang biakan ular.

Kedepannya kita lagi prepare untuk mencoba melahirkan ular-ular baru.Kita kawinkan, nanti sebagian dari hasil telurnya kita lepas liar lagi di alam,karena kita sudah banyak ngambil ular dari alam.Saatnya untuk ngebalikin sebagian dari hasil ternakan sendiri,” tutup Mamang sambil tersenyum.

Penulis : Mochamad Ridwan

Editor : Idham Azka