Ketua Tim Mahasiswa Pembuat Dobina, Senja Dewi. (Foto : Istimewa).
YOGYAKARTA, AKTIFLAB.com -- Buah nangka memang digemari masyarakat sebagai buah yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan selain dimakan langsung. Hal ini pun mendorong tim mahasiswa Jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta memanfaatkan buah tersebut.
 
Bedanya dari kebanyakan orang yang memanfaatkan buah nangka, tim mahasiswa ini lebih fokus kepada biji nangka. Mereka pun sukses membuat donat dari bahan baku biji nangka dan diberi nama Dobina.

"Biji nangka merupakan sumber karbohidrat, protein, dan energi sehingga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pangan yang potensial. Biji nangka juga merupakan sumber mineral yang baik," kata koordinator tim mahasiswa Senja Dewi.

Senja Dewi mengungkapkan bahwa hal terpenting dari pembuatan donat adalah bahan bakunya yaitu tepung. Ia pun bersama timnya mengolah biji nangka hingga menjadi tepung yang kemudian dibuat menjadi bahan baku Dobina.

"Tepung biji nangka mengandung nilai gizi lebih tinggi dibandingkan dengan tepung terigu. Pembuatan tepung biji nangka, yakni mencuci biji nangka kemudian merebusnya hingga matang untuk membuang getahnya," katanya yang kemudian menjelaskan tahapan selanjutnya dari karya ini.

Biji nangka yang sudah masak didinginkan kemudian dipotong tipis-tipis lalu dikeringkan di bawah sinar matahari setelahitu baru digiling untuk dijadikan tepung. Untuk mendapatkan tepung yang halus, tepung diayak terlebih dulu agar terpisah dari serat-serat yang masih kasar.

Dari segi gizi yang terkandung dalam Dobina, Senja Dewi dan timnya memperoleh hasil yang sangat memuaskan karena zat yang terkandung dalam tepung biji nangka sangat baik.

"Dari hasil komparasi bisa disimpulkan bahwa tepung biji nangka mengandung karbohidrat, lemak, protein, dan amilum yang lebih baik dibandingkan dengan tepung terigu," kata Senja Dewi yang juga mengungkapkan kandungan karbohidrat dalam biji nangka yang cukup tinggi yakni dalam 100 gram biji nangka mengandung 
karbohidrat sebesar 36,7 gram.

Penelitian terhadap tepung biji nangka ini berjudul "Komparasi Uji Karbohidrat, Lemak, Protein, dan Amilum antara Donat Tepung Biji Nangka dan Donat Tepung Terigu"dengan anggota tim SH Marbun, Pambudi Tedjo YR, dan Ragil Nurjannah. Hasil perbandingan yang mereka peroleh sangat bagus karena ternyata tepung biji nangka mengandung gizi yang lebih banyak dari tepung terigu.

"Dua kilogram biji nangka sebanding dengan satu kilogram beras. Biji nangka dapat dimanfaatkan sebagai alternatif bahan pangan yang cukup bergizi karena masih adanya kandungan zat lain yang lebih tinggi dibandingkan dengan makanan penghasil karbohidrat lainnya seperti zat besi dan vitamin B1," jelas Senja Dewi.

Sumber : ANT

Editor : Idham Azka