Adrian Karim Januar. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com – Indonesia memiliki banyak sekolah berisi siswa dengan potensi yang mengagumkan di berbagai bidang. Salah satu sekolah dengan peringkat teratas di negeri ini khususnya di kota Jakarta adalah SMAN 8.

Pada Kamis (26/3), tim Aktiflab menemui seorang peraih medali perak pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2011 dan 2012. Adrian Karim Januar, atau yang kerap disapa “Abang”, menceritakan tentang keberhasilannya menjuarai bidang ekonomi karena tertarik dengan ilmu yang ditekuni oleh orang tuanya.

“Ayah saya pernah berhenti kerja sekitar 2 tahun dari kantor yang lama. Terus bapak memutuskan untuk kerja dari rumah sebagai pialang saham. Nah waktu itu saya masih TK kalo pulang sekolah saya lihat bapak buka komputer kemudian mengamati isi kode-kode saham. Saham harganya berapa, naik atau turun,nah dari ingetan pertama tentang saham itu yang membuat saya berpikir, ‘oh.. seru juga ya’”, kata laki-laki kelahiran Jakarta 5 Oktober 1994 ini.

“Anak IPA” yang sekarang duduk di kelas III ini mengungkapkan keinginan kuatnya untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Indonesia jurusan Akuntansi.

“Setelah tahu orang tua dua-duanya kuliah di  akutansi dan dari dulu sudah agak “diracuni” gitu untuk kuliah di Akutansi, lama-lama saya suka dengan ekonomi. Jadi ketika di SMA ada Olimpiade Ekonomi, saya memutuskan untuk ikut aja meskipun saya sendiri anak IPA”, ujarnya.

Saat ini, Adrian fokus untuk ujian yang akan dihadapinya danbelum tertarik untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional kembali. Ia ingin berkonsentrasi agar lulus dengan nilai bagus dan dapat kuliah di universitas yang menjadi tujuan utamanya agar cita-citanya menjadi seorang Manajer Investasi tercapai.

Pecinta wisata kuliner yang gemar membaca dan traveling ini juga menuturkan harapannya untuk dapat berbuat banyak bagi negara.

“Indonesia itu kan punya populasi kelas menengah yang besar sekali. Hampir separunhya kelas menengah saya rasa sih. Saya dan teman-teman lain yang seusia saya, yang juga sebagai bagian dari kelas menengah itu, berharap juga bisa berbuat banyak lah buat negara ini di bidang apapun”, imbuhnya sambil tersenyum.

Penulis : Mochamad Ridwan
Editor : Idham Azka