International Scout Peace Camp 2013. (Foto : Istimewa).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka Azrul Azwar mengatakan, pagelaran International Scout Peace Camp yang akan digelar di Jakarta pada tanggal 25 sampai 31 Maret 2013 dilaksanakan dengan cara yang berbeda.

"Beda dengan perkemahan lain. Kami ajari anak-anak (peserta Pramuka mancanegara) home stay," ujar Azrul di Balai Kota, Jakarta, seperti dikutip dari tribunnews.com pada Senin (25/3/2013).

Azrul menjelaskan, tujuan pelaksanaan perkemahan yang dilakukan dengan cara home stay ini akan menempatkan peserta Pramuka untuk tinggal bersama keluarga lokal yang berada di tiga tempat yang telah ditentukan.

Disana, lanjut Azrul, peserta Pramuka akan mempelajari pola kehidupan warga, seperti makan makanan lokal, kegiatan warga sampai mempelajari budaya lokal yang akan menjadi tempat peserta Pramuka tinggal.

"Nanti dia (peserta) diajar menari. Harus bisa menari dan menyanyi bahasa Indonesia. Jadi kita dapatkan dua manfaat. Mereka kenal kita dan kita kenal mereka," tutur Azrul.

Mengenai lokasi, Azrul menjelaskan akan memilih tiga lokasi, yakni di Situ Babakan, Jawa Barat dan Banten.

"Jadi nanti mereka memperkenalkan budaya Indonesia dalam rangka membangun kedamaian," tutur Azrul.

Editor : Idham Azka