Anggota Paskibra SMAN 8 Jakarta. (Foto : Mochamad Ridwan).

JAKARTA, AKTIFLAB.comSMAN 8 Jakarta yang sudah terkenal akan berbagai prestasi dalam bidang akademik juga memiliki berbagai macam ekstrakurikuler dengan prestasi yang tidak kalah bergengsi. Salah satunya adalah ektrakurikuler PASKIBRAKA SMAN 8 Jakarta yang bernama SIERA, yaitu singkatan dari Subseksi Upacara.

”Ektrakurikuler ini sudah berdiri sejak tahun 1965 dan sampai sekarang sudah ada 48 angkatan”, Jelas Edwin dan Astri anggota dari SIERA SMAN 8.

Banyak prestasi yang telah dicapai oleh kelompok beranggotakan 56 orang lebih ini, seperti Juara 2 Lomba Pengibaran Bendera ELASTIC 68 Tahun 2012, Formasi Terbaik ELASTIC 68 tahun 2012, Pembawa Baki Terbaik di ELASTIC 68 tahun 2012 dan Juara Harapan 1 Lomba Tata Upacara Bendera. Selain itu ada beberapa prestasi Individu dalam bidang Paskibraka seperti yang diraih oleh Raditya Ali Murti, Raden Chandra Widhanto Faris Purnama dan Samira Tasya Novianda sebagai Purna Paskibraka Indonesia (PPI) mewakili DKI Jakarta dan Jakarta Selatan.

Selain prestasi dalam bidang ekstrakulikuler ini, masing-masing anggota Paskibraka SMAN 8 juga meraih berbagai prestasi individu lainnya.
 
Ada angkatan 43, kak Sheila yang dapet medali emas di OSN Astronomi Nasional dan medali  perak di tingkat Internasional”, imbuh Edwin dan Astri menambahkan.

Hingga kini, SIERA terus aktif dalam merekrut dan melatih kader-kader untuk menjadi penerus. Bahkan ada anggotanya dari angkatan terakhir saat ini yaitu Angkatan 48, yang kini sedang berjuang agar dapat menjadi Paskibra mewakili Jakarta Selatan.

Penulis : Mochamad Ridwan
Editor : Idham Azka