Adhi Pratama Prasetyo Mulya. (Foto : Istimewa).


JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Siapa sangka Adhi Pratama Prasetyo Mulya bisa masuk tim nasional (Timnas)  junior Indonesia tanpa ada latar belakang olahraga bola basket sebelumnya. Adhi sendiri pun tidak menyangka dirinya bisa sampai sana. Bahkan sekarang ia sedang mengikuti Pelatnas menuju tingkat senior.

Adhi yang sebelumnya menekuni dunia lari beralih ke dunia bola basket saat ia masih SMA. Waktu umur 17 tahun ia pun kaget saat ditawari untuk ikut bermain di club professional. Lalu Adhi mulai masuk tim inti saat kelas 3 SMA, “Paling muda di NBL waktu itu,” tambahnya. Setelah itu Adhi dipanggil untuk bergabung dengan Timnas junior Indonesia untuk mengikuti kejuaraan ASEAN tingkat sekolah dan tingkat universitas.

“Awalnya dulu pelari 100 meter. Karena jenuh latihan sendiri, saya akhirnya pindah basket,” ungkapnya sambil tertawa.

Karena perbedaan bidang ini pun Adhi harus melewati serangkaian latihan berat demi mengembangkan kemampuan bermain bola basketnya. “Waktu itu latihan club pagi dan sore. Waktu itu juga ada TC Popnas dan latihannya malem. Ya mau nggak mau sehari bisa tiga kali,” jelasnya.

Adhi pun mengaku bahwa ia jarang liburan selama empat tahun belakangan. Semua berkat keseriusannya bermain bola basket. Adhi pun harus menolak ajakan pergi dari teman-temannya karena itu akan membuatnya kurang tidur yang berujung ke tubuh yang tidak fit.

Berkat kemampuannya mempertahankan motivasi diri itu juga lah Adhi dan teman-teman satu timnya meraih prestasi. Di antara banyaknya pertandingan, Adhi bersama Timnas junior Indonesia pernah menjuarao Pekan Olahraga Pelajar Nasional (popnas) tahun 2009, Kejuaraan Nasional 2009 peringkat 3, Pekan Olahraga Nasional 2012 peringkat 3, dan ASEAN University Games 2013 peringkat 2. 

Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati