ARTE. (Foto : Mochamad Ridwan).

Jakarta, Aktiflab.com - Seni Indonesia saat ini sedang mengalami perkembangan yang pesat. Identitas dari hasil karya seni ini memakai bebagai macam teknik dari beragam kebudayaan dan menggambarkan pergerakan yang energetic di seluruh Indonesia.

“ARTE Indonesia ART dan Festival 2013” diselenggarakan dengan tema Celebrating Art Of Today yang tidak hanya bertujuan untuk menjadi wadah Interaksi bagi para seniman dan penikmat seni, namun juga untuk menjadi sebuah daya positif yang diharapkan menjadi katalis yang berkesinambungan bagi dunia seni Indonesia.
ARTE Indonesia Art Festival yang diadakan dari tanggal 29 sampai 31 Maret 2013 jam 10.00-22.00 WIB di Plenary Hall JHCC Senayan Jakarta melibatkan 33 seniman.

”Acara ini dimulai kemarin tanggal 29 tanggal 31 Maret, tapi untuk filmnya dari tanggal 20 sampai tanggal 31 Maret. Nah di acara ini ada performance Art , Art Market,  Culinary Art, Film sama satu lagi Visual Art,” jelas Paras selaku panitia pelaksana acara ARTE Indonesia Art Festival 2013. 

Mengenai banyaknya pengunjung yang datang, Paras mengaku senang dengan antusiasme masyarakat terhadap acara ini.
“Sebenernya ini di luar target kita banget karena aku pikir karena sekarang long-weekend jadi engga mungkin banyak yang datang tapi ternyata ‘alhamdulillah’ banget hari ini ada 10.000 pengunjung dan kemarin ada sekitar 4000 (pengunjung), jadi memang kita ga nyangka bakalan segini banyaknya. Yang serunya, disini ada yang bawa ‘baby’ (bayi) juga jadi semua generasi bisa datang. Seru banget!".
Di hari yang kedua, pengunjung sepertinya tampak antusias karena selain ada performance art, art market, culinary art, film, dan visual art, juga terdapat stage yang diisi oleh band-band pendukung seperti SIGMUN, CLEO, PayungTeduh, Float dan Pure Saturday. 

“Kesan gue ini acara keren banget karena ini jadi motivasi anak-anak muda yang baru berkembang biar jadi lebih luas pemikirinnya, dia bakal ngeliat hal-hal baru yang kedepannya bakal dia pakai untuk jadi inspirasi dan ide-ide baru. Kata salah satu pengunjung bernama Reo.
"Pesan untuk acara ini supaya lebih dipublikasiin lagi soalnya kan acara begini belom banyak orang tahu ya mudah-mudahan setiap tahun acara ini bakal terselenggara secara rutin,” tutur Reo menambahkan.

Pada hari terakhir yaitu tanggal 31 Maret akan ada pertunjukan musik dari grup band seperti, The Trees and The Wild, Jirapah, Dried Cassava, Zeke Khaseli & The Wrong Planeteers serta untuk penutupannya akan ada White Shoes & the Couples Company. 


Penulis : Mochamad Ridwan
Editor : Idham Azka