Arista Handayani. (Foto : Istimewa).
JAKARTA, AKTIFLAB.com – Arista Handayani, mahasiswi asal Indonesia pertama yang sukses melakukan student exchange dan graduation thesis (skripsi) pada Maret 2012-Februari 2013 lalu di Chubu University Jepang. Penelitiannya fokus pada biologi molekuler tanaman Arabidopsis Thaliana (tanaman dari famili Brassicaceae), khususnya terkait simetri pada daun dan gen apa saja yang berperan pada tanaman tersebut.
 

Arabidopsis Thaliana. (Foto : Istimewa)

Penelitian mahasiswi Fakultas Biologi UGM angkatan 2008 ini masuk dalam jurnal internasional Plant and Cell Physiology.

“Kebetulan pihak fakultas sudah ada kerjasama dengan Chubu University sebelumnya,” papar Arista, Kamis (21/3).

Sebelum melakukan riset ini, Arista harus bersaing keras dengan mahasiswa dengan konsentrasi ilmu yang sama dengannya. Kerja kerasnya berbuah manis karena ia akhirnya lulus dalam seleksi administrasi dan akademik sehingga ia bisa mengikuti student exchange yang didanai oleh JASSO Scholarships tersebut.

Penelitian yang dilakukan di bawah bimbingan Prof. Chiyoko Machida, Ph.D (Chubu) dan Dr. Endang Semiarti, M.S., M.Sc. (Fakultas Biologi) ini merupakan penelitian murni tentang efek gen pada tanaman. Ia menjelaskan penelitiannya itu nantinya bisa diterapkan kepada jenis tanaman lainnya.

“Misalnya mengenai perubahan bentuk daun dari normal menjadi daun yang berbentuk jarum atau pun berserabut,” urai mahasiswi kelahiran Banten 26 Oktober 1989 ini.

Selain itu, pengalaman berharganya belajar bersama dengan mahasiswa lain di Jepang membuatnya terbiasa menggunakan bahasa Inggris dan Jepang di setiap penelitian. Sistem kelompok studi jurnal yang ia ikuti disana untuk membahas jurnal-jurnal terbaru serta manfaatnya juga telah diterapkan di laboratorium Bioteknologi Fakultas Biologi UGM saat ini.

Sumber : Situs Resmi UGM

Editor : Idham Azka