Bernard Immanuel. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Banyak orang yang tidak menyukai pelajaran matematika, tapi tidak begitu dengan Bernard Immanuel. Mahasiswa Universitas Indonesia jurusan Matematika fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) ini bercita-cita menjadi matematikawan karena kecintaannya pada bidang ilmu ini.

Hobinya dalam mengutak-atik angka mendorongnya untuk mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang diselenggarakan Pertamina. Pada tahun 2011 ia turut berkompetisi dalam ajang ini namun ia gagal menjadi juara di tingkat nasional dan hanya juara di tingkat provinsi.

“Waktu 2011 saya berhasil lolos dari tingkat provinsi, namun di tingkat nasional saya gagal, mungkin karena ilmu saya masih belum banyak,ujar Bernard sambil tertawa.

Namun kegagalan itu justru membuat Bernard semakin tekun dalam mengasah ilmu matematika. Kerja kerasnya terganti saat ia kembali berkompetisi dalam OSN Pertamina tahun 2012 lalu.

Di tahun keduanya mengikuti OSN Pertamina, ia berhasil membawa pulang medali emas sebagai Juara OSN Pertamina Tingkat Nasional. Kemenangan itu menjadikannya wakil Indonesia dalam Olimpiade Matematika Tingkat Internasional yang diadakan di Bulgaria.

Saat ditanya oleh tim Aktiflab pada Kamis (14/3) mengenai langkah selanjutnya, Bernard menjelaskan bahwa ia sedang mendalami bidang matematika aktuaria.  

“Aktuaria itu cabang ilmu Matematika yang biasa dipakai di bidang asuransi, jadi bermanfaat juga kan,” tutur Bernard penuh semangat.

Selain mencetak prestasi dalam bidang yang ia sukai, Bernard pun hobi mengajar dan aktif sebagai asisten dosen di kampus. Ia ingin apa yang menjadi keahliannya itu dapat bermanfaat bagi orang lain.

Penulis : Mochamad Ridwan

Editor : Idham Azka