Vicky Pardede. (Foto : Istimewa).

JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Banyak anak muda di Indonesia yang terus memperjuangkan mimpi dan cita-citanya, termasuk Vicky Pardede. Vicky, yang bercita-cita menjadi atlet basket nasional, sudah berada di jalur yang tepat. Berkat keahliannya bermain basket, Vicky mendapatkan beasiswa untuk kuliah di salah satu perguruan tinggi di Sumatera Utara, yaitu STMIK TIMES.

Laki-laki kelahiran 30 Oktober 1992 ini menyukai olahraga basket sejak kelas 6 SD. Sejak saat itu sampai sekarang banyak prestasi yang sudah diraihnya.

Saat SMA Vicky bersama tim basketnya pernah mengikuti Kejuaraan Tingkat Nasional antar SMA PopMie, Kejuaraan Tingkat Nasional kelompok umur 18 tahun mewakili DKI Jakarta, dan menjadi juara di POMSU (Pekan Olahraga Mahasiswa Sumatera Utara). Vicky dan kawan-kawan juga pernah mendapatkan kesempatan untuk bertanding melawan tim basket di Bangkok setelah menjuarai Markisa Cup. Selain itu Vicky juga pernah latihan dengan tim basket profesional Surabaya, yaitu CLS Knight.

Hidayat Natasasmita, mantan pemain basket tim nasional, yang juga melatih Vicky pun memberikan inspirasi untuk terus mengasah kemampuannya bermain bola basket. Porsi latihan yang tadinya 3 kali seminggu, Vicky tambahkan menjadi 5 kali seminggu. Usaha keras itu ia lakukan untuk mewujudkan cita-citanya menjadi atlet profesional.

Perjalanan Vicky mewujudkan cita-citanya mendapatkan tantangan ketika orang tuanya tidak mendukung hobinya dalam olahraga ini.

"Nyokap kurang setuju gue jadi atlet. Alasannya, nyokap ngeliat kalo atlet di Indonesia itu kurang di-support sama pemerintah. Makanya nyokap nyuruh fokus kuliah, tapi gue engga nyerah, gue bisa buktiin ke nyokap kalo gue bisa jadi atlet profesional dan lulus kuliah," jelas Vicky dengan semangat.

Penulis : Mochamad Ridwan

Editor : Ratna Saraswati