Meiria Kurnia Utami. (Foto : Istimewa)
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Meiria Kurnia Utami, yang merupakan murid SMAN 2 Bengkulu, sudah pernah mengikuti banyak kompetisi di berbagai bidang. Tapi yang paling menarik baginya adalah penelitian.

“Karena di penelitian bisa mencakup ilmu pengetahuan dan kebahasaan. Mei orangya suka penasaran sama apa ayng terjadi dengan manusia, sama menulis,” ungkapnya.

Menurutnya, apa yang membuat selama ini rajin mengikuti kompetisi dan ilmu pengetahuan tentang manusia adalah rasa penasaran. “Karena kalau penasaran sama sesuatu hal, Mei selalu pingin bener-bener tahu sampe puas,

Selalu penasaran, banyak membaca, selalu usaha yang terbaik, rajin beribadah, dan selalu minta restu orangtua,” itulah yang selama ini Mei lakukan untuk mempertahankan kegiatan dan pengembangan dirinya sendiri.

Mei mengaku tidak memiliki visi dan misi khusus. Selama ini rasa penasarannya sudah mengantarkan dia ke banyak pengalaman dan pembelajaran. Selain itu Mei juga memiliki cita-cita menjadi Psikolog yang memiliki sekolah sendiri.

“Karena di Psikolog mempelajari tentang manusia. Kaya yang Mei bilang tadi, Mei suka hal-hal yang terjadi di antara manusia,” jawabnya.

Ketertarikannya dengan ilmu Psikologi pun membuat sering mengamati setiap orang di sekelilingnya. Satu hal lain yang membuatnya tertarik adalah dunia pendidikan. Menurut Mei, masih banyak anak-anak yang putus sekolah padahal semua orang berhak mendapatkan pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat juga bagi negara. Karena itulah Mei juga ingin memiliki sekolah sendiri nantinya.

“Pingin semasa hidup Mei bisa berguna buat orang lain. Maunya fokus di dunia psikologi dan pendidikan. Pingin sukses di bidang itu. Jadi bisa bantu banyak orang and semoga bisa buat orangtua naik haji. Mei akan berusaha keras supaya hal itu terjadi,” ucapnya sambil tersenyum.


Prestasi:

Internasional :
  • Participation international Essay Contest for Young People The Goi Peace Foundation and UNESCO 2010
  • Participation international Essay Contest for Young People The Goi Peace Foundation and UNESCO 2011
  • Participation The 15th Annual Peace Pals International Arts Exhibition and Awards 2012

Nasional:
  • Finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia Bidang IPS Humaniora Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2012
  • Juara I Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional ANTROPORIA FISIP UNAIR 2012
  • Juara I Olimpiade Ekonomi Syariah Tingkat Nasional Gebyar Ekonomi Syariah Islam 6 STEI SEBI 2012

Regional:
  • Juara II Try Out SBMPTN Universitas Indonesia Tingkat Provinsi Bengkulu 2013
  • Juara II Lomba Debat Sains Tingkat SMA Se-Bengkulu 2012
  • Juara II Lomba Mading Tingkat Provinsi Bulan Bahasa Fakultas Sastra Bahasa Indonesia Universitas Bengkulu 2011
  • Harapan I Speech Contest Tingkat SMA Se-Sumatera Bagian Selatan 2011
  • Harapan I LCTI Tk. SMA Se-Sumatera Bagian Selatan 2011
  • Harapan I LCT Akuntansi Tingkat SMA SeProvinsi Bengkulu Accounting Celebration Fakultas Ekonomi Universitas Bengkulu 2011

Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati