Rizky Tri Novanti. (Foto : Mochamad Ridwan).
JAKARTA, AKTIFLAB.com -- Sejauh ini Rizky Tri Novanti tidak membayangkan hidupnya akan seperti apa jika tanpa olahraga basket. Bidang olahraga ini kini menjadi hobi sekaligus profesi yang ia cintai.

Tentu saja. Basket telah membuatnya bisa berjalan-jalan ke kota lain di Indonesia untuk mengikuti pertandingan-pertandingan dan mencetak prestasi. Di antara pengalamannya adalah; Pemain terbaik se-Kabupaten Bogor, pemain Porda (Pekan Olahraga Daerah) mewakili Bogor, pemain PON(Pekan Olahraga Nasional) mewakili Riau, pemain Club Kejurnas Kalteng(Kejuaraan Nasional Kalimantan Tengah), pemain STIE (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi) Kesatuan Bogor, Juara I Libama (Liga Basket Mahasiswa) 2010, Juara III Libama 2011, Juara III Lima (Liga Mahasiswa), dan Juara III Club Kejurnas Kalteng.

Selain prestasi di berbagai kejuaraan, basket juga menjadi faktor utama yang memberikan Kiky beasiswa penuh sejak ia di bangku SMP sampai kuliah. “Yang jelas sempat kaget. ‘Kok bisa sih gitu?’ Wah, beruntung banget, pada bilang kaya gitu. Tapi ya mungkin itu emang udah suratan takdir jalan gue ke situ ya. Itu harus gue jalanin juga,” ungkap Kiky.

Kiky yang saat ini berkuliah di STIE Kesatuan Bogor jurusan Manajemen sedang menyusun skripsi dan masih terus bermain basket. Ia pun membayangkan, jika tidak menjadi atlet basket, ia akan tetap mencari perusahaan yang memiliki club atau kegiatan olahraga basket. “Biar gak terlalu jenuh, kerja juga, basket juga. Jalan terus. Jadi nggak vakum. Gara-gara gue kerja, basket gue putus, gue nggak mau kaya gitu,” tambahnya.

Seperti banyak orang lain yang menjalani bidang sesuai passion-nya, Kiky pun tidak bisa menjelaskan apa yang membuatnya sangat menyukai basket. Kiky hanya bisa bilang, “Gue juga nggak tahu kenapa. Pertama kali gue main basket, wah, gue ngerasa have fun.” Kiky pun semakin mencintai basket ketika ia berhasil mencetak berbagai prestasi, mendapatkan beasiswa penuh, dan mengantarkannya ke berbagai kota.

Untuk rencana ke depan, Kiky akan fokus menyelesaikan skripsinya dan terus latihan basket untuk mengikuti turnamen di Kalimantan. Dalam mempertahankan prestasi dan semangat, Kiky pun selalu berpesan kepada dirinya, “Jangan mengeluh dan selalu berusaha dengan apa yang ingin gue capai aja. Terutama kali gue emang ada keinginan, y ague harus bisa meraih itu semua. Jangan mengeluh dan terus berusaha aja.”

Reporter: Mochamad Ridwan
Editor: Ratna Saraswati