FOTO : ISTIMEWA

SEMARANG, AKTIFLAB - Universitas Negeri Semarang (Unnes) saat ini tengah mengembangkan kampusnya menjadi destinasi wisata pendidikan. Sasaran utamanya para siswa dan guru di berbagai jenjang pendidikan.

Sabtu (25/1) lalu, di kampus Sekaran, Unnes mengundang 50-an guru untuk mengikuti sosialisasi eduwisata. Dibuka oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr Agus Wahyudin, kegiatan dikemas dalam bentuk outbound yang diisi jelajah alam sekitar kampus, bermain, dan eksperimen. 

Secara khusus, hari itu disediakan empat paket. Yakni paket kunjungan dan eksprimen di laboratorium biologi, rekreasi matematika, kreasi rupa, dan rekreasi dengan cokelat dan pancake.Di laboratorium biologi, peserta mengenal langsung budi daya anggrek, penangkaran kupu-kupu, dan eksperimen dengan tikus. Di sela-sela itu, digelar game agar peserta tak merasa jemu. 

Matematika yang selama ini berkesan sebagai pelajaran serius justru dalam paket eduwisata itu sangat tampak unsur rekreatifnya. Unsur rekreatif itu antara lain tersaji lewat aneka alat peraga, permainan matematika, dan apa yang disebut sebagai mathemagic. 

Lain lagi di sudut seni rupa. Di situ, pengunjung dapat melukis dan menggambar dengan berbagai teknik, dari membatik, membuat seni anyam, membuat komik, finger painting, dan origami.

Destinasi Potensial

Di sudut tata boga, tersedia bahan dan peralatan untuk membuat permen cokelat dan pancake. Tak lebih dari 15 menit untuk membuat dua kue tersebut. Nugroho Edi Kartijono, penanggung jawab kegiatan itu mengemukakan, program tersebut dikembangkan untuk memanfaatkan secara optimal sumber daya yang dimiliki Unnes. 

”Ada siswa SD Kota Semarang yang kali pertama masuk biologi langsung berseru, di sini banyak padi, ya. Padahal yang dia lihat itu ilalang. Agaknya tak sedikit siswa yang tak pernah melihat langsung kekayaan flora dan fauna, padahal itu ada di sini,” kata Nugroho.

Unnes belakangan ini kerap mendapatkan kunjungan berbagai sekolah. Belum lama ini, 30-an siswa SMA dari Lampung datang ke kampus Sekaran. ”Pekan depan seratusan siswa SMA dari Bekasi akan ke sini,” kata Kepala Humas Unnes Sucipto Hadi Purnomo. 

Dengan area kampus tak kurang dari 125 hektare, lanjut Sucipto, Unnes kampus Sekaran memang potensial sebagai destinasi wisata pendidikan. Berbagai fasilitas tersedia, kolam renang, lintasan atletik sintetis, lapangan golf mini, embung, gamelan, studio seni rupa, laboratorium bahasa, panggung teater, panjat tebing, aneka laboratorium sains, dan kebun biologi lengkap dengan penangkaran kupu-kupu dan faunanya.

Sumber: suaramerdeka.com

Editor: AKTIFLAB